PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Semakin maju suatu negara semakin
banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang yang menganggur, maka semakin
dirasakan pentingnya dunia bisnis. Pembangunan akan lebih berhasil jika
ditunjang oleh pembisnis yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan
pemerintah sangat terbatas. Pemerintah tidak akan mampu menggarap semua aspek
pembangunan karena sangat banyak membutuhkan anggaran belanja, personalia, dan
pengawasan.
Oleh sebab itu, bisnis merupakan
potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun mutu bisnis itu sendiri.sekarang
ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah pembisnis indonesia masih sedikit
dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalan pembangunan bisnis
indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan.
Prospek Bisnis Game Digital di Indonesia Kian Berkibar
Serunya beragam tantangan yang
disuguhkan dalam sebuah permainan game digital, ternyata tidak hanya mampu
menyedot perhatian masyarakat luas namun juga menjadikan permainan ini sebagai
salah satu hobi yang mulai diminati berbagai kalangan.
Munculnya
beragam jenis produk
gadget seperti misalnya smartphone dan komputer tablet yang sekarang ini
harganya kian terjangkau, menjadi salah satu faktor utama yang turut mendorong
perkembangan industri game digital di Indonesia. Mengapa bisa begitu? Sebab,
saat ini keberadaan digital game
sudah menjadi bagian dari aplikasi unggulan yang sering ditawarkan para
produsen gadget untuk menarik minat para konsumennya.
Bahkan tidak hanya itu saja, untuk
memenuhi kebutuhan para pecinta game digital, banyak produsen gadget yang
sekarang ini menjadikan beberapa program game terbaru dalam paket penjualan
produknya. Peluang seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan para penyedia jasa
pembuatan game digital di Indonesia untuk berlomba-lomba mendatangkan untung
maksimal dari bisnis game digital yang prospek pasarnya kian
berkibar.
Menurut data yang diperoleh dari
Internasional Game Development Association (IGDA) Indonesia, sekarang ini
sedikitnya ada sekitar 60 sampai 70 studio pembuatan game yang tahun ini mulai
eksis di pasaran. Jumlah tersebut tentunya belum termasuk para pengembang game
skala kecil, yang jumlahnya diperkirakan juga mencapai angka ratusan. Tentu
kondisi ini menjadi bukti nyata bagi kita semua bila industri game digital di
Indonesia mengalami peningkatan hingga 100% dibandingkan tahun-tahun
sebelumnya.
Biasanya
produk game digital ini banyak diburu konsumen perorangan (broker dari luar
negeri), perusahaan telepon seluler, para agensi, hingga penyedia operator
telekomunikasi yang menyediakan konten game bagi pelanggan setianya. Untuk
harga jual konten game tentunya berbeda-beda, mulai dari US$ 500 sampai US$
10.000 tergantung dari tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya dan variasi
tantangan yang ditawarkan. Dari harga tersebut, biasanya para produsen game
digital mendapatkan keuntungan sekitar 30% sampai 50%.
Tidak
hanya konsumen lokal saja yang tertarik dengan game digital buatan para
pengembang dari Indonesia. Beberapa waktu yang lalu studio game digital asal
Indonesia berkesempatan mengikuti ajang Tokyo Game Show 2012 dan mendapatkan
respon yang sangat bagus dari pasar internasional. Rata-rata konsumen
mengatakan bila produk game buatan Indonesia tidak kalah bersaing dengan
game-game digital buatan Jepang. Tentu berita ini tidak hanya membanggakan para
pengembang game di Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu pelecut bagi
mereka untuk terus berkarya menciptakan game-game terbaru dengan variasi
tantangan yang beragam.
DAFTAR PUSTAKA
minggu, 5 november 2012.
21:16
0 komentar:
Posting Komentar