Minggu ke-3
1.
Bentuk bentuk perusahaan
Contoh FIRMA :
Ø Law Firm Mujahir Sodruddin
& Partners
Ø LHS Law Firm – Firma Hukum
Bisnis di Indonesia
Ø Adnan buyung nasution &
partner
Ø Adams & co
Contoh
Perseroan Komanditer (CV) :
Ø CV. Gema Putra Buana
CV.
Abriantama Indosa
Ø CV. Karya Jaya Abadi
Ø CV. Silvain Paul
Contoh
Perseroan Terbatas :
Ø PT. Melia Nature
Ø PT. Medco Energi
Ø PT. Burner Batubara
Indonesia
Ø PT. Nusa Persada
Ø PT. Grundfos pompa
Contoh Persero
:
Ø PT Garuda Indonesia Airways
Ø PT Pertamina
Ø PT PLN
Contoh PERUM :
Ø Perum Damri
Ø Perum Pegadaian
Ø Perum Peruri
Ø PNRI (Percetakan Negara RI)
Ø Perum Perhutani
Contoh PERJAN
:
Ø Perusahaan Jawatan Kereta
Api
Ø Perusahaan Jawatan Pegadaian
Ø Perusahaan Jawatan Rumah
Sakit Hasan Sadikin
Ø Perjan TVRI
Ø Perjan RRI (Radio Republik
Indonesia)
Contoh Koperasi :
Ø Koperasi Unit Desa Harapan
Tani
Ø Koperasi Mahasiswa UPN
Veteran
Ø Koperasi KSP Maju Terus
Ø Koperasi Mahasiswa UNS
Ø Koperasi Indonesia
Minggu Ke-4&5
1. Sebut dan jelaskan kiat berwirausaha yang berhasil!
©
Mencari pasar khusus yang belum tergarap
Identifikasikan sebuah
pangsa pasar khusus (niche market)
yang kebutuhan utamanya belum terpenuhi oleh kompetitor. Banyak pasar khusus yang seringkali tak tergarap
karena dianggap terlalu kecil.
©
Peka terhadap tren terbaru berani memulai
Carilah kebutuhan dan
keinginan terbaru dari para konsumen yang tumbuh dari perubahan tren di segi
kultural, ekonomi, teknologi yang menjadi sinyal kesempatan pasar baru.
Bertindaklah dengan cepat, jangan menunda terlalu lama.
©
Lakukan
Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling "sempurna" untuk meluncurkan bisnis takkan pernah bisa diprediksi secara tepat dan pasti. Jangan biarkan para bakal calon kompetitor mencuri start dari bisnis yang sebenarnya bisa Anda mulai terlebih dulu. Mulailah bergerak. Ciptakan gol-gol pendek dan deadline yang membawa Anda lebih dekat untuk membuka lahan bisnis baru.
Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling "sempurna" untuk meluncurkan bisnis takkan pernah bisa diprediksi secara tepat dan pasti. Jangan biarkan para bakal calon kompetitor mencuri start dari bisnis yang sebenarnya bisa Anda mulai terlebih dulu. Mulailah bergerak. Ciptakan gol-gol pendek dan deadline yang membawa Anda lebih dekat untuk membuka lahan bisnis baru.
©
Hindari kata-kata yang mematahkan semangat
Abaikan orang-orang yang
berkata "Itu tak akan berhasil" atau "Tak akan bisa berhasil
kalau kamu melakukannya dengan cara itu". Sesekali, menjauh dari anggapan
yang menurunkan semangat dan aturan baku bisa membantu Anda untuk meraih
kesuksesan. Perhatikan dan pelajari cara para pebisnis yang sukses di bidang
mereka dengan pandangan yang kritis. Pelajari cara mereka bekerja dan program
yang mereka lakukan.
©
Eksplorasikan kelemahan competitor
Ambil pandangan kritis
terhadap kompetisi Anda dari perspektif konsumen. Dengarkan baik-baik akan
kebutuhan dan komplain dari konsumen prospektif saat melakukan telepon sales.
Hal ini akan membantu mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan kompetitor.
Carilah cara untuk menutup kekurangan dari servis dan produk Anda sendiri, lalu
perbaiki hal tersebut.
©
Isi kekosongan
Pusatkan pandangan Anda di
area yang lupa ditutupi oleh kompetitor Anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi
area baru yang bisa Anda isi dengan servis atau bisa memposisikan bisnis Anda
lebih cepat dari kompetitor Anda.
©
Tenar dengan dana minim
Pikirkan cara bagaimana
agar lebih dikenal dengan dana seminim mungkin. Jangan terlalu menutup diri,
jadilah kreatif, beranikan diri untuk makin dikenal banyak orang (tapi untuk
alasan yang baik).
©
Percaya kemampuan diri
Bangun dan belajar untuk
menggunakan kekuatan intuisi Anda. Dengarkan hati Anda. Akan ada saat-saat Anda
harus memilih bermain aman atau justru bermain nekat untuk menghadapi tantangan
bisnis.
©
Jangan biarkan kesulitan atau kegagalan mengalahkan
Anda
Jangan biarkan batasan
yang diciptakan oleh orang lain atau keadaan yang menjepit membuat Anda lemah.
Banyak wirausahawan yang menutup usaha mereka karena tidak percaya pada diri
sendiri. Sebagai wirausahawan, Anda akan menghadapi masa-masa penuh stres yang
akan menguji kepercayaan Anda.
©
Jangan berhenti berinovasi
Secara kontinu, carilah cara-cara baru untuk
memperkenalkan produk-produk baru dan servis untuk konsumen langganan Anda dan
pasar baru yang Anda temui.
2.
Berikan masing-masing 3 contoh usaha franchising
local dan asing untuk bidang pendidikan, kesehatan, jasa, makanan/minuman !
Ø
MAKANAN/MINUMAN
Makanan Lokal : Timlo Solo, J.Co, Soto Bangkong
Minuman Lokal : Wedang
Ronde, Asle, Skuteng
Makanan Asing : Bread
Story, Mc Donald,
Wendys, Kafe Dome
Minuman Asing : Pepsi,
Cocacola, Sprit
Ø PENDIDIKAN
Lokal : Primagama, Nurul Fikri, Ganesha Operation
Asing : English First, ILP, Direct English
Ø KESEHATAN
Lokal : Apotik K-24, Kimia Farma, RS Mitra Keluarga
Asing : Century Health & Care, Guardian, Aquacia
Ø JASA
Lokal :
PT.Kereta Api Persero, Garuda Indonesia Airlane, Pos Indonesia
Asing : Thai Airlaind, DHL,
3. Jelaskan perbedaan antara
kewirausahaan dan bisnis kecil!
Kewirausahaan :
Pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang yang ada
karena manciptakan dan mengoperasikan bisnis baru. yang membedakan adalah visi,
aspirasi dan strategi.
Bisnis kecil :
Bisnis kecil :
Tidak mempunyi rencana untuk pertumbuhan-pertumbuhan yang hebat dan
hanya mencari pendapatan yang aman dan nyaman.
Perbedaan antara kewirausahaan
dengan bisnis sangat begitu mendasar. Pada umumnya kewirausahawaan memiliki
badan hukum yang jelas, sedangkan bisnis kecil jarang yang memiliki badan
hukum yang jelas. Selain itu, bisnis kecil sangat bergantung pada
lingkungan pasar. Dari sistem managerialnya pun berbeda, sistem managerial
kewirausahawan lebih baik dibandingkan sistem bisnis kecil. Kewirausahawan
lebih meningkatkan hasil dari suatu produknya, sedangkan bisnis kecil lebih
meningkatkanpada laba yang akan didapatkan.
4. Buatlah 1 contoh denah/lay out misal :
mall, rumah sakit setiap kelompok berbeda!
©
Lantai GF
- KFC (Food)
- TENTREM DE CAFE (Food)
- AMIROH FASHION (Fasion)
- BATIK KARLINA (Fasion)
- BLAZERKU (Fasion)
- BLOSSOM (Fasion)
- FUNNY RABBIT (Fasion)
- IWAN FASHION (Fasion)
- CHIRROFIT (Helty)
- DAILY NUTRITION (Helty)
- JUST SHAKE (Helty)
- NAKAMURA (Helty)
- Kimo (Jewellery and acc)
- LOVE JEWELLERY (Jewellery and acc)
- MODERN SILVER (Jewellery and acc)
- SION JEWELERY (Jewellery and acc)
- TATA JEWELLERY (Jewellery and acc)
- ALFAROS (Shoes and bags)
- ASIA SRENG - SRENG (Other)
- ATLAS OPTIK (Other)
© Lantai 1
·
BEE'S
RESTO (Food)
- PIZZA HUT (Food)
- ALILA (Fasion)
- CUTIE (Fasion)
- FADA BOUTIQUE (Fasion)
- GIRLY FASHION (Fasion)
- GRANDE (Fasion)
- PASSION (Healty)
- Veleya (Jewellery and acc)
- FAMOUS (Shoesand bags)
- FILA (Shoesand bags)
- CD HOUSE (Music store)
©
Lantai 2
- 3 SECOND (Fasion)
- ADA FASHION(Fasion)
- Daniel Collection (Fasion)
- JACO FITNESS (Healty)
- SECRET GARDEN (Jewellery and acc)
- STROBERI (Jewellery and acc)
- WATCH GALERY (Jewellery and acc)
- YUCHA COLLECTION (Jewellery and acc)
- GIOVANNI (Shoes and bags)
- YONGKI KOMALADI (Shoes and bags)
- ASIA COLLECTION (Other)
- CHATELAIN (Other)
© Lantai 3
·
AM-PM (Food)
- Asia Waffle (Food)
- Ayam Goreng Tulang Lunak Remaja (Food)
- BASKIN ROBBINS (Food)
- BU LIN (Food)
- CFC (Food)
- Chubby Taiwan Street Snacks (Food)
- DAPUR POJOK (Food)
- DAPUR STEAK (Food)
- DEPOT Cik Lan PRIMARASA (Food)
- ES TELLER 77 (Food)
- FRAGOLA (Food)
- ITALIAN DELIGHT (Food)
- Italian Pasta (Food)
- Kapten Toms (Food)
- ANNA SNACK (Other)
- BENGKEL BERRY (Other)
- BIG BURGER (Other)
- BLINK (Other)
0 komentar:
Posting Komentar