Senin, 03 Desember 2012

pengantar bisnis -tugas minggu 1 &2-


Minggu ke-1
1.        Buatlah suatu skema/alur pengertian bisnis dengan suatu contoh kasus usaha yang nyata !
BISNIS : - KEBUTUHAN MANUSIA        BARANG &  JASA
                                                                                                 
        
                ORGANISASI FORMAL - INFORMAL
                                                                                             

                  LABA
BANK BRI :

KEBUTUHAN MANUSIA : ADANYA KEINGINAN KUAT MASYARAKAT UNTUK MEMPEROLEH PENDAPATAN/PENGHASILAN                                        JASA : PENYIMPANAN UANG & PEMBERIAN PINJAMAN UANG


 



ORGANISAI FORMAL –INFORMAL : BENTUK SOSIALISASI DALAM BISNIS DENGAN ADANYA CAMPUR TANGAN PEMERINTAH & MASYARAKAT
                                         

LABA: MENDAPATKAN KEUNTUNGAN PADA SAAT DEFLASI DIMANA NILAI SUKU BUNGA PINJAMAN LEBIH SEDIKIT.

2. Terangkan Alasan Manusia Belajar Bisnis !
Alasan manusia belajar bisnis :
  1. Saling ketergantungan
  2. Usaha memperthankan dan meningkatkan standart hidup
  3. Adanya perubahan pola hidup
  4. Kemajuan teknologi
  5. Hubungan internasional
  6. Adanya era globalisasi
  7. Untuk meningkatkan mutu hidup
  8. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
  9. Karier masa depan
  10. Membuka bisnis sendiri
  11. Menjaga kualitas lingkungan melalui operasi perusahaan dan program kemasyarakatan
  12. Menciptakan ide ide baru.
3. Sejak kapan bisnis itu muncul, jelaskan !

SEJARAH PERKEMBANGAN BISNIS
MASYARAKAT “PRIMITIF”


MASYARAKAT “BARTER”


MASYARAKAT “SPESIALISASI/HORIZONTAL
& DIFERENSIAL/VERTIKAL


 


MASYARAKAT ALAT PEMBAYARAN DENGAN UANG

Menurut B.J.Punnett & D.A.Ricks (1992 : 14-20), sejarah perkembangan bisnisinternasional pada dasarnya memang dimulai dengan kegiatan perdaganganinternasional yaitu :
1.      The Commercial Era (1500 - 1850)
Dalam era ini, kegiatan bisnis internasional dilakukan dalam bentuk perdagangan produk exotic antara lain berupa logam mulia, rempah-rempah, sutera dan budak belian yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Eropaseperti VOC, BEIC, British American Company, Hudson’s Bay yang dibentuk 11
2.      The Explorative Era (1850 - 1914)
Era ini dicirikan dengan pergeseran kegiatan perdagangan dari produk-produk exotic menjadi produk-produk industri yang didorong oleh revolusi industri diUnited Kingdom.Dalam era ini banyak perusahaan Eropa yang melakukan investasi di negarakoloninya. Untuk mendapatkan raw material dan sumber daya tenaga kerjayang murah. Pada dasarnya era ini menunjukan dominasi perusahaan dannegara/kerajaan di Eropa Barat terhadap negeri jajahannya di Asia, Afrika dan Amerika dibidang politik, ekonomi dan budaya.
3.      The Concessionary Era (1914 – 1945)
Dalam era ini, bisnis internasional ditandai dengan peningkatan rasa tanggung jawab perusahaan-perusahaan Negara Barat terhadap negeri jajahannyadengan pemberian beberapa fasilitas kepada para pekerja lokal sepertiperbaikan perumahan, makanan, kesehatan , pendidikan, transportasi yangtidak dapat sepenuhnya disediakan oleh pemerintah. Keadaan ini antara laindidorong dengan adanya Great Depression tahun 1930-an yang menyebabkanperusahaan-perusahaan Eropa mulai mengganti tenaga kerja dari home-country yang dibayar mahal dengan tenaga kerja host-country yang relatif murah, sehingga mendorong pemerintah kolonial dan para entrepreneursuntuk mendapatkan kebebasan politik dan ekonomi yang lebih besar.
4.      The National Era (1945 – 1970)
Dalam era ini, bisnis internasional ditandai dengan meningkatnya perlawanannegeri jajahan terhadap perusahaan-perusahaan Negara Barat dan penolakanterhadap campur tangan asing atas permasalahan di host-country. Era ini jugaditandai dengan kuat dan banyaknya tuntutan kemerdekaan terutama di Asiadan Afrika setelah Perang Dunia II.Dalam era ini mulai muncul dominasi perusahaan multi nasional USA yangdidorong oleh kemenangan/keunggulan USA dalam bidang militer, politik danekonomi setelah Perang Dunia II.
5.      The Globalization Era (1970 – 1990)
Bisnis internasional dalam era ini ditandai dengan semakin menurunnyaperanan perusahaan multi nasional USA dan Eropa. Sebaliknya perananperusahaan multi-nasional Jepang semakin meningkat baik dalam kegiatanperdagangan maupun investasi langsung dan tidak langsung melalui moneymarket dan stock exchange diberbagai pusat pasar keuangan internasionaldunia seperti New York, London, Paris, Tokyo, Singapore, Hongkong danSidney.

 

Minggu Ke-2

1.                 Buatlah dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal yang dapat    menjelaskan tujuan dari perusahaan !
  • Tujuan BRI
Dalam upaya mencapai misi tersebut dan dengan menjunjung tinggi serta berpegang teguh pada kejujuran, integritas, dan keparcayaan, BRI menetapkan bebepara tujuan antara lain :
1.      Memberikan pelayanan dan kualitas terbaik dengan nilai tambah yang wajar (maksimal) demi terpeliharanya hubungan kemitraan dengan nasabah secara berkesinambungan.
2.      Menjadi persero yang sehat dengan mematuhi segala peraturan dan perundang undangan yang berlak, berperan serta dalam meningkatkan butuh industri perbankkan indonesia. 
3.      Memberikan distribusi kepada masyarakat (setempat) untuk pembangunan  ekonomi maupun sosial dengan menyisihkan bagian dari hasil usaha yang diperoleh. 
  • Visi BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
  • Misi BRI
Ø  Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
Ø  Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
Ø  Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
2.     Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan perusahaan yang nyata!
Pendekatan Program PNPM-MANDIRI
Pendekatan atau upaya-upaya rasional dalam mencapai tujuan program dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan program adalah pembangunan yang berbasis masyarakat dengan :
  • Menggunakan kecamatan sebagai lokus program untuk mengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program.
  • Memposisikan masyarakat sebagai penentu/pengambil kebijakan dan pelaku utama pembangunan pada tingkat lokal.
  • Mengutamakan nilai-nilai universal dan budaya lokal dalam proses pembangunan partisipatif.
  • Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.
  • Melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari atas pembelajaran, kemandirian dan keberlanjutan.
3.     Terangkan dengan satu perusahaan nyata universal, pengaruh lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
Lingkungan Internal
Lingkungan ini adalah lingkungan yang dapat dikendalikan artinya untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi tujuan dan menjalakan strategi pemasaran-pemasaran mampu melakukan pengendalian lingkungan internal yang meliputi:
a.       Aspek Organisasi
Bank BRI adalah bank yang bergerak dibidang perbankkan dan merupakan bank pemerintah yang dibentuk melalui merger dengan beberapa bank yang selama ini cukup berpengalaman dalam menjalankan bisnis perbankkan.
b.      Kondisi Keuangan
Bank BRI mempunyai aset yang sangat lumayan dibandingkan dengan bank yang lainnya. Karena, CAR yang dimiliki bank ini  selama semester I tahun 2000/2001 sebesar 14,04% dengan total aset yang dimiliki sebesar Rp. 417,2 triliun sedangkan total kredit yang diberikan pada masyarakat berjumlah Rp. 32,5 triliun.
c.       Produk – produk
Produk yang dihasilkan oleh bank BRI untuk pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat luas itu sangat bervariasi. Produk yang dihasilkan ini pun dapat dinikmati dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Produk yang diberikan kepada nasabah itu antara lain ada: Tabungan BRI Syariah, BRI BRITAMA, BRI SIMPEDES, dll.
d.      Sumber Daya Manusia
Bank BRI menggunakan filosofi sumber daya manusia yang Reward System yang artinya menciptakan sistem kompensasi yang dapat memberikan motivasi pegawai untuk mencapai target yang telah ditetapkan berpangkal kepada kemampuan bobot berkreativitas dihargai secara pantas dan ideal untuk terbentukknya sense of belonging.
Lingkungan Exsternal
            Lingkungan yang merupakan kegiatan pemasaran yang memberikan pengaruh tidak langsung berada diluar kekuasaan atau diluar pengendalian dari perusahaan yang bersangkutan. Dimana keadaan ini memberikan hal yang bersifat memaksa perusahaan mau tidak mau harus menyesuaikan arah dan strategi agar tetap ikut andil dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun yang terjadi pada lingkungan sekitar perusahaan.


Top of Form

















0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar